Masa digital dan era teknologi seperti sekarang, membuat perputaran uang dan pengembangan ekonomi menjadi jauh lebih cepat. Hal itu dikarenakan cara mendapatkan uang yang semakin beragam dan mudah, salah satunya yaitu dengan menjalankan Pemasaran Afiliasi (Afiliate Marketing). Memulai bisnis menggunakan pemasaran afiliasi sangat mudah. Namun, apa sih pemasaran afiliasi itu?
Pemasaran Afiliasi
Pemasaran afiliasi adalah metode periklanan di mana perusahaan membayar Anda untuk membantu dalam mendatangkan traffic atau mengarah ke produk dan layanan mereka.
Mereka yang mrnggunakan jasa akan membayar Anda biaya komisi untuk menemukan cara untuk mengiklankan bisnis mereka. Metode pemasaran ini telah berkembang pesat seiring dengan meningkatnya penggunaan internet.
Amazon mempopulerkan metode pemasaran ini dengan membuat program pemasaran afiliasi di mana situs web dan pemilik blog menempatkan tautan ke halaman web Amazon untuk produk yang sedang diuji dan dievaluasi untuk mendapatkan biaya pemasaran ketika pelanggan membeli produk tersebut.
Pemasaran afiliasi pada dasarnya adalah pembayaran untuk kinerja Anda dalam mengiklankan produk perusahaan.
Jenis-jenis Model Pemasaran Afiliasi
Model pemasaran afiliasi yang terpopuler adalah pay-per-click atau pay-per-performance. Mari kita lihat setiap model pemasaran afiliasi ini dengan lebih terperinci.
Pay-per-click
Dalam model pemasaran ini, pengiklan membayar pemasar afiliasi jika referensi di situs web afiliasi mengarahkan pengguna untuk mengeklik tautan teks atau grafis atau spanduk iklan menuju situs pengiklan. Pengguna umumnya tidak harus membeli apa pun di situs web pengiklan untuk mendapatkan komisi. Situasi ini mempermudah pemasar yang memiliki situs perdagangan berlalu-lintas lebih rendah untuk tetap sukses dalam pemasaran afiliasi.
Pay-per-performance
Dalam model pemasaran afiliasi ini, pengiklan hanya membayar pemasar jika upayanya menghasilkan prospek atau penjualan. Ada dua jenis model pemasaran afiliasi pay-per-performance:
1. Pay-per-lead
Pemasar afiliasi dibayar jika pengguna melakukan tindakan yang menyebabkan dia menjadi prospek (misalnya mengunduh perangkat lunak uji coba atau mengisi formulir permohonan).
Model ini lebih praktis di antara pemasar afiliasi yang beroperasi di sektor yang menjadikan raihan prospek sebagai prioritas tinggi. Misalnya, industri keuangan dan riil estat.
2. Pay-per-sale
Ini adalah konversi yang paling menguntungkan, sehingga diinginkan oleh setiap bisnis online. Namun, lebih sulit bagi pemasar afiliasi untuk mendapatkan komisi. Justru, mereka hanya dibayar jika pengguna referensi membeli produk atau layanan.
Bagaimana Cara Memulai Bisnis Pemasaran Afiliasi?
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, memulai bisnis di era digital seperti sekarang adalah hal yang relatif mudah. Salah satu contoh bisnis pemasaran afiliasi yang bisa diikuti atau bahkan ikut bergabung adalah Afiliasi Taxsia. Jika ingin tahu lebih lanjut dan membaca testimoni pelaku bisnis pemasaran afiliasi, bisa dibuka disini: Pengalaman saya di dunia Afiliate
Penutup
Dalam era digital dan teknologi, melakukan kegiatan bisnis dan mencari uang menjadi hal yang mudah. Yang terpenting sekarang adalah bagaimana kita mengolah kesempatan dan ide menjadi keuntungan. Salah satunya adalah dengan melakukan bisnis pemasaran afiliasi, seperti yang dilakukan Afiliasi Taxsia.
Sekian untuk penjelasan mengenai bisnis pemasaran afiliasi. Semoga artikel ini bisa membantu dalam pengembangan bisnis anda.
0 komentar:
Posting Komentar